Powered By Blogger

Senin, 06 Juni 2011

TEKHNIK EVERYONE IS A HERE DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI


PENGARUH PENERAPAN TEKNIK EVARYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS VIII MTS NEGERI KOTO DIAN PULAU TENGAH

USULAN PROPOSAL SKRIPSI




OLEH

AHMAD IHSAN
NIM : 09.371.08



MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI JURUSAN TARBIYAHSEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) KERINCI
2011 M/1432 H
KATA PENGANTAR
Alhamdillah puji syukur tak henti-hentinya penulis ucapkan kehadirat allah SWT,yang telah  melimpahkan kepada nabi besar muhammad SAW,sehingga penulis telah dapat  menyelesaikan proposal ini yang berjudul “PENGARUH PENERAPAN TEKNIK EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTS NEGERI KOTO DIAN PULAU TENGAH”
Penulisan ini merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan islam S.1 dan mendapatkan gelar S.Pd di program studi biologi jurusan Tarbiyah

Sungai Penuh                          2011
Penulis










BAB 1
PENDAHULUAN
                       
A.    Latar Belakang Masalah
Keaktipan siswa dalam kegiatan belajar di sekolah sangat berpengaruh terhadap hasil belajar, jika keaktifan siswa di tingkatkan, maka hasil belajar siswa juga meningkat. Keaktifan siswa dapat di lihat dari keingintahuan siswa dan keterlibatan dalam pembelajaran, minsalnya dengan mengajukan dan menanggapi pertanyaan, sehingga terjadilah interaksiantar siswa, siswa dengan guru dansiswa dengan sumber belajar. Namun pada kenyataannya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran biologi yang terlihat di MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah secara umum masih rendah, sebagian besar siswa belum mampu menggunakan buku tekssecara efektip, mereka mencatat kembali konsep-konsep yang sudah ada dalam buku teks, sehingga menghabiskan banyak waktu dan pembelajaran menjadi tidak episien.
Keadaan siswa yang malas dan tidak mau untuk dertanya saat pembelajaran biologiberlangsung menunjukkan bahwa siswa kurang berminat terhadap pembelajaran biologi.
Kegiatan pembelajaran yang siswanya kurangaktif tersebut dapat berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dapat di lihat dari rata-rata nilai ujian biologi siswa kelas VII pada semester 2 tahun ajaran[1] 2010/2011 nilainya yaitu 4,8 rata-rata hasil belajar biologi siswa keles VIII semester 2 MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah masih jauh dengan apa yang diharapkan. Sementara menurut standar ketuntasan minimum (SKM) adalah 6,00, ini menjadi indikasi bahwa mutu pembelajaran biologi di MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah masih rendah. Salah satu upaya untuk memecahkan masaalah tersebut dengan menerapkan teknik evaryone is a teacher here.[2]
Berdasarkan urain di atas, maka dilakukan penelian yang berjudul “PENGARUH PENERAPAN TEKNIK EVARYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI KOTO DIAN PULAU TENGAH”

B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan  latar belakang masalah yang di kemukakan diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah:
1.      Apakah terdapat pengaruh penerapan teknik evarone is a teachar here terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah di mareri biologi kelas eksperimen ?
2.      Apakah terdapat pengaruh penerapan teknik everyone is ateacher here terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah pada materi biologi di kelas kontrol ?



C.    Batasan Masalah
Didalam penyusunan proposal ini dam penelitian ini, penulis akan membatasi masalah pada penerapan teknik evaryone is a teacher here terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah. Hal ini penulis lakukan adalah supaya para pembaca tidak terlalu jauh mengasosiasikan. Penelitian yang akan penulis lalukan sesuai pada materi jaringan tumbuhan pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
D.    Tujuan Penelitian
Tujuan dalam penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik evaryone is a teach here terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah pada kelas eksperimen ?
2.      Untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik evaryone is a teacherhere terhadap nasil belajar biologi siswa kelas VIII MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah pada kelas kontrol ?
3.      Untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik evaryone is a teacherhere terhadap nasil belajar biologi siswa kelas VIII MTS Negeri Koto Dian Pulau pada mareti biologi ?
E.     Hipotesis
Hipotes yang di ajukan dalam penelitian ini adalah :
1.      Perdapat pengaruh penerapan teknik evaryone is a teacherhere terhadap nasil belajar biologi siswa kelas VIII MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah pada kelas eksperimen.
2.      Terdapat pengaruh penerapan teknik evaryone is a teacherhere terhadap nasil belajar biologi siswa kelas VIII MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah pada keles kontrol.

F.     Manfaat dan Kegunaan Penelitian
1.      Sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar serjana strata satu (S. 1) pada Sekolah Tinggi Agama Islam  Negeri.
2.      Untuk melengkapi tugas terstruktur semester dalam mata kuliah Skipsi.
3.      Sebagai impormasi bagi guru atau calon guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui teknik evaryone is a teacher here.
4.      Sebagai pendorong untuk memotivasi para siswa dalam belajar biologi.












BAB II
KERANGKA TEORI

A.    Teknik Evary One is Heacher Here
Teknik pembelajaran dapatdiartikan sebagai cara yang dilakukan seorang guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.[3] Tujuan di adakan teknik adalah menjadikan proses dan hasil belajar mengajar menjadi lebih daik  berdaya guna  dan menimbulkan kesadaran anak didik untuk mengamalkan apa yang didapatkan. Urain di atas, menunjukkan bahwa pungsi teknis pendidikan adalah pengarahkan keberhasilan belajar dan memberikan kemudahan kepada anak didik . Sedangkan, gugas utamanya adalah mengadakan aplikasi prinsip-prinsip psikologis, agar anak didik dapat menghayati, mengetahui dan mengerti materi yang di ajarkan.
Teknik pembelejakan saat ini banyak jumlahnya, oleh karena itu hendaknya guru dapat memilih dan menerapkan teknik yang sesuai dan tepat. Untuk membuat siswa lebih berani berinteraksi, berkomunikasi dengan sesama siswa, guru dan sumber belajar, maka penulis menerapkan teknik evaryone is a teacher here.
Dalam hal teknik evaryone is a teacher here, terdapat tujuh prinsip pokok yang harus diterapkan oleh seorang guru dalam hal untuk pembelajaran, yaitu (1) Mengetahui motipasi, kebutuhan dan minat anak didiknya, (2)nge Mengetahui tujuan pendidikan yang sudah di terapkan sebelum pelaksanaan pendidikan, (3) Mengetahui tahap kematangan, parkembangan, serta perubahn anak didik, (4) Mengetahui perbedaan individu anak didik, (5) Memperhatikan pemahaman dan mengetahui hubungan-hubungan dan kebebasan berpikir, (6) Menjadikan proses pendidikan sebagai pengalaman yang mengembirakan bagi anak didik, (7) Menegakkan contoh yang baik (Uswatun Hasanah).[4]








                                                           








BAB III
METODELOGI PENDIDIK

A.    Pendekatan Penelitian
Penelitian ini penulis melakukan pendekatan dengan cara membaur dengan siswa dan guru apakah penerapan teknik everyone is a teacher here herhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTS Koto Dian Pulau Tengah.
Dalam penelitian ini, penulis juga mengumpulkan fakta-fakta yang ada hubungannya dengan penulis dan mengambil kesimpulan dan fakta-fakta tersebut.

B.     Jenis dan Sumber Data
1.      Jenis data
a.       Data kualitatif, merupakan data yang mengambarkan tentang aspek efektif dan asfek psikomotor siswa.
b.      Data kuantitatif, merupakan data yang menggambarkan tentanh hasil belajar siswa, data ini diambil melalui tes yang diadakan setiap akhir pokok pembahasan setelah proses belajar mengajar, data ini menggambarkan aspek kongnitif siswa.
2.      Sumber Data
a.       Data primer, yang di peroleh langsung dari responden dari hasil belajar biologi siswa setelah penelitian dilakukan.
b.      Data sekunder, yang di peroleh dari nilai ulangan biologi siswa dari materi sebelumnya di dapatkan dari dokumen sebelumnya.

C.    Populasi dan Sampel
  1. Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTS Negeri Koto Dian Pulau Tengah yang perdaftar pada semester genap kelas VIII semester genap terdiri dari 4 kelas VIII A, VII B, VIII C DAN VIII A, dimana totol seluruh jumlah siswa dari kelas 4 tersebut adalah 116 siswa.
  1. Sampel
Sampel adalah bagian dari populasi. Survei sampel adalahn suatu prosedur dimana hanya sebagian dari populasi saja yang diamdil dan dipergunakan untuk menentukan sifat dan ciri yang di kehendaki dari populasi. Pengambilamn sampel harus representatif atau dapat menggambarkan keadaan populasi yang sebenarnya, agar sampel representatif, maka rata-rata kelompok sampel harus sama dan homogen.[5]

D.    Teknik Pengumpulan Data
  1. Teknik observasi (pengamatan)
  2. Teknik interviu (wawancara)
  3. Teknik dokumentasi
E.     Teknik Analisis
1.      Uji Normalitas
Uji normalitas bertujuan untuk melihat apakah data berpariasi dari populasi berdistribusi normal. Pengujian normalitas dari data adalah dengan mengunakan rumus liliefors.[6]
2.      Uji Homogen
Untuk uji homogen dilakukan uji F dengan rumus : 
Keterangan :
= Varians terbatas
= Varians terkecil
Jika harga Fhitung  sudah di ketahui, maka harga tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga Ftabel  yang terdapat dalam distribusi F pada tingkat kepercayaan 95%. Jika Fhitung  lebih kecil dari harga Ftabel ,  berarti kedua kelompok sampel memiliki varian yang homogen.[7]

3.      Uji Hipotesis
Uji hipotesis yang di gunakan jika data terdistribusi normal dan kedua kelomook data mempunyai varians homogen. Maka digunakan uji-t dengan rumus sebagai berikut:
Keterangan :
Dengan :
S = Simpangan baku gabungan dari kedua kelas Sampel
S1= Simpangan kelas baku eksperimen
S2= simpangan baku kelas kontrol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar